Our Feeds

Sabtu, 10 September 2016

Permohonan Bantuan Sarana dan Prasarana Saung Baca Insan Desa



No                   : 003/TBM-ID/V/2016
Lampiran         : -
Perihal             : Permohonan Bantuan Sarana dan Prasarana

Yth,
Bapak/Ibu Donatur
di tempat

            Dengan Hormat,
            Dalam rangka mencerdaskan anak bangsa melalui peningkatan budaya minat baca masyarakat sebagaiamana termaktub dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan Bab I Pasal 4 yang berbunyi, “Perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa”.
            Berdasarkan atas pemikiran tersebut, dan demi lancarnya layanan percepatan budaya minat baca dan akselerasi sumber daya manusia di desa yang kami selenggarakan melalui keberadaan Saung Baca Insan Desa Kertasana, kami bermaksud mengundang mengajukan permohonan bantuan sarana maupun prasarana kepada Bapak/Ibu sebagai bentuk kontribusi bagi bangsa demi tercapainya tujuan tersebut.
            Demikian surat ini kami sampaikan agar Bapak/Ibu bersedia membantu cita-cita bersama yang kami ajukan. Hal-hal mengenai deskripsi Saung Baca, kebutuhan dapat dibaca pada lampiran. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Bojonegara, 01 September 2016
Ketua Umum
 



Sumardi, S.Pd
Sekretaris



Juli Wahyudi
Pembina



Dr. Iwan Sugihartono, M.Si
NIP. 197910102008011018




LAMPIRAN:

No
Jenis Kebutuhan
Total Kebutuhan
Harga Satuan
Total Harga
1
Rak Buku
2 Buah
Rp. 550.000,-
Rp. 1.100.000,-
2
Papan Tulis Uk 60x120 cm
1 Buah
Rp. 220.000,-
Rp. 220.000,-
3
Buku Bacaan Tambahan
100 Buah
Rp. 20.000,-
Rp. 2.000.000,-
4
Permianan Edukasi
4 Buah
Rp. 98.500,-
Rp.394.000,-
5
Projector Infokus
1 Buah
Rp. 3.200.000,-
Rp. 3.200.000,-
6
Karpet
2 Buah
Rp. 120.000,-
Rp. 240.000,-
7
Printer
1 Buah
Rp. 699.000,-
Rp. 699.000,-
JUMLAH
Rp. 7.853.000,-




PROFIL SAUNG BACA INSAN DESA KERTASANA
                  
Saung Baca Insan Desa adalah salah satu pusat pendidikan dan pemberdayaan masyarakat desa Kertasana. Berlokasi di RT. 01 RW. 01 Kampung Mamengger Desa Kertasana Kec. Bojonegara Kabupaten Serang. Bangunan dengan seluas 3 meter x 7 meter dibangun di kawasan perkampungan yang sedang mengalami perkembangan namu masih belum menggiatkan pendidikan. Saung Baca Insan Desa di rintis oleh Komunitas Lentera Surosowan Banten, yaitu sebuah komunitas yang bergerak pada bidang pendidikan dan social, berisikan pemuda-pemuda Banten yang memiliki visi untuk memberikan edukasi dan mengakselerasi pendidikan di desa. Saung baca di resmikan dan dibuka untuk umum pada bulan agustus 2016. Dibangun atas swadaya para donator dan relawan dari kelompok mahasiswa maupun kepemudaan, Komunitas Lentera Surosowan merupakan salah satu komunitas yang saat ini memiliki kegiatan di daerah Banten dengan wilayah kegiatan di Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang, Kecamatan Bojonegara dan Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang dan Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. Saung Baca Insan Desa saat ini memiliki 500 judul buku  dengan kategori buku anak, buku remaja, buku dewasa dan buku umum. Memiliki satu permainan edukasi berupa puzzle dan ular tangga edukasi lapangan berukuran 3 meter x 3 meter.

                   Saung Baca Insan Desa memiliki visi “Menjadi Pusat Akselerasi Pendidikan Insan-Insan Desa dalam Rangka Mendorong Percepatan Pembangunan Desa”. Setiap hari dikunjungi oleh seluruh masyarakat terutama anak-anak sekolah pada jam pulang sekolah atau pada saat selepas menunaikan pengajian petang. Malamnya di isi oleh kegiatan diskusi anak-anak muda.

                   Adapun program-program yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:
1.      Perpustakaan Desa
Sebuah taman bacaan bagi masyarakat untuk menumbuhkan gemar membaca di kalangan masyarakat dengan tidak berpatokan pada jenjang sekolah. Menyediakan dan fasilitasi beragam buku dari anak-anak sampai dewasa dengan beragam tema.

2.      Bimbingan Belajar
Kegiatan bimbingan dan konsultasi belajar untuk jenjang anak sekolah dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kegiatan bimbingan di ajar oleh beberapa relawan komunitas baik pelajar, mahasiswa dan umum.

3.      Pusat Kajian dan Diskusi
Berupa kajian tematik kepemudaan yaitu diskusi muda, salah satu diskusi para kaum muda yang dilaksanakan setiap malam kamis dan kegiatan pengajian anak muda yang dilaksanakan setiap malam minggu.

4.      Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan Life Skill
Pusat pemberdayaan yaitu program keterampilan untuk meningkatkan keahlian masyarakat berupa:
a)      Kelas Menulis
b)      Kelas Pelatihan Komputer
c)      Kelas Pelatihan Design Grafis
d)     Kelas Pelatihan Budidaya Pertanian
e)      Kelas Pelatihan Unit Usaha Kreatif

5.      Sociopreneur
Sebuah unit bisnis yang akan dilaksanakan oleh pengurus Saung Baca untuk tetap mempertahankan kemandirian dalam keuangan baik untuk mendukung sarana prasaran saung baca maupun untuk mendukung finansial kegiatan yang berbasis social.

6.      Kegiatan EduFun Sunday
Kegiatan minggu siang untuk adik-adik binaan saung baca berupa kegiatan indoor class dan outdoor class untuk membangun mental-mental juara dan meningkatan semangat belajar dan berkarya bagi desa. Kegiatan ini akan di isi baik oleh tim saung baca maupun dengan mengundang para komunitas pegiat social pendidikan dari luar.



DOKUMENTASI KEGIATAN










Tidak ada komentar:

Posting Komentar