Our Feeds

Minggu, 04 September 2016

MALAM PEMBUKAAN DAN PERESMIAN SAUNG BACA INSAN DESA KERTASANA






Malam itu gerimis kecil menghiasi bumi Kertasana. Romantis syahdu di iringi musik ringan dan canda tawa dari para hadirin. Di sudut rumah, sebuah bangunan kecil tersenyum ria menyambut undangan sekalian. Seuntai kalam ilahi dilantunkan dengan merdu oleh Adinda Nasyrul Muayad, seorang jawara kampung kelas 4 Sekolah Dasar menambah suasana semakin berseri.  

Sabtu, 3 September 2016, bertempat di Kampung Mamengger RT. 01/01 Desa Kertasana Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang, telah dimulai babak baru program edukasi bagi masyarakat. Secara simbolis dan disaksikan oleh masyarakat Kampung Mamengger, para tamu undangan dari unsur tokoh masyarakat, para RT dan RW dan komunitas, telah diresmikan Saung Insan Desa Kertasana. Penandatangan piagam peresmian dan pemotongan pita dilakukan oleh tokoh masyarakat sekaligus tokoh pendidikan Desa Kertasana, Bapak Masyrik, S.Ag didampingi oleh para pejabat desa.

Gambar: Nasyrul Muayad, adik binaan Insan Desa



Saung Insan Desa yang digarap oleh Komunitas Lentera Surosowan Banten dan dibantu oleh para donatur membangun sebuah saung yang kedepan akan memiliki multi fugsi. Fungsi utama saung tersebut adalah perpustakaan desa. Sedangkan ke empat fungsi lainnya adalah sebagai pusat pemberdayaan masyarakat, pusat pengembangan sosiopreneur dan life skill, bimbingan belajar anak dan terakhir sebagai pusat kajian dan diskusi. Hal tersebut senada disampaikan oleh Ketua sekaligus pendiri Saung Baca Kang Sumardi, S.Pd.

Insan-insan desa harus diberikan wadah atau tempat untuk menyalurkan bakat dan minatnya untuk memberikan ruang apresiasai agar tersalurkan dengan baik. Kehidupan tongkrongan anak-anak dijalan dikurangi secara bertahap. Mereka harus senantiasa didorong agar dimasa depan mereka mampu menjadi garda-garda terdepan untuk desa.

Gambar: Kawan-kawan RISMA sebagai bagian dari mitra turut bersinergi


Dibutuhkannya peran dan sinergi dengan segenap masyarakat untuk mencapai suatu tujuan mulia yang canangkan yaitu menjadi pusat akselerasi pendidikan insan-insan desa dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di perdesaan. Aset-aset sumber daya manusia di perdesaan perlu dibimbing agar mampu mendongkrak potensi-potensi dan menciptakan karya dan inovasi untuk kemajuan di perdesaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar