Our Feeds

Selasa, 05 April 2016

Selayang Pandang Lentera Surosowan


Kegiatan belajar mengajar di kelas yang cenderung konvensional, mendorong sekelompok mahasiswa membuat gagasan dalam penerapan inovasi media pembelajaran dikelas dalam bentuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti. Proposal PKM Bidang Pengabdian Masyarakat berhasil didanai oleh Kemendikbud pada waktu itu dan berhasil di realisasikan idenya berupa penerapan media pembelajaran geografi berbasis budaya lokal yaitu wayang golek. Kegiatan PKM tersebut di terapkan di salah satu SMA di Serang Banten. Selang setahun kegiatan PKM ini mandeg seperti kondisi PKM-PKM pada umumnya. Awal 2015 kembali mengajak orang terdekat untuk melakukan kegiatan hal serupa.

Selain itu, realita masyarakat Banten khususnya di perdesaan masih apatis terhadap pendidikan tinggi. Ketidakpedulian masyarakat di yakini masih mengganggap pendidikan itu masih menjadi barang mahal. Padahal akses pendidikan hak semua warga Negara, beasiswa begitu melimpah, dan adanya keinginan besar dari anak untuk mengenyam pendidikan layak setinggi mungkin. Langkah – langkah untuk mendorong itu semua, kami lakukan dengan mengadakan sosialisasi beasiswa ke SMA sederajat untuk memberi informasi seputar beasiswa kepada siswa langsung dari para penerima beasiswanya. Kegiatan diselipkan kedalam kegiatan paguyuban mahasiswa Banten, Forum Bidikmisi dan lintas alumni.

Adanya kesamaan misi untuk mengabdi pada Banten tak sebatas pada status mahasiswa, akhirnya bertekad membuat sebuah komunitas bernama Komunitas Lentera Surosowan berbasis sosial dan pendidikan agar lebih luas dan bisa di ikuti oleh siapa saja yang ingin medarma baktikan dirinya bersama masyarakat.

Dengan membawa mandat kampus pendidikan, Lentera Surosowan (LS) terinspirasi untuk menyalakan cahaya pendidikan di Banten dengan terus mendorong potensi sumber daya manusia atau bibit unggul desa agar mampu berakselerasi bagi kemajuan daerahnya dikemudian hari.

Penamaan Lentera dan Surosowan didasari atas keinginan menerangi pendidikan. Yang mana Surosowan diambil dari sebuah benteng yang masih kokoh di kawasan Banten Lama. Project utama LS adalah membangun sebuah sekolah binaan dan program pendampingan dan pengembangan bibit unggul daerah (P2BUD).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar