Our Feeds

Minggu, 26 Juni 2016

Bebenah Pendidikan Banten

Deskripsi Bebenah Pendidikan




BANTEN adalah provinsi yang baru berdiri pada tahun 2000 dan merupakan pecahan dari Provinsi Jawa Barat. Sebagai provinsi yang telah berdiri sendiri, Banten memiliki potensi sumber daya alam yang begitu melimpah.  Akan  tetapi,  ketersedian  sumber  daya  ini  tidak  didukung dengan masih minimnya sumber daya manusia yang baik.

Meskipun Banten memiliki banyak potensi, ada beberapa daerah yang dikembangkan dan pernah masuk sebagai daerah tertinggal yang menjadi binaan Kementerian Daerah Tertinggal Republik Indonesia. Penyebab ketertinggalan ini  adalah  kurangnya  kualitas  sumber  daya  manusia  kedua  daerah tersebut, yang salah satunya dikarenakan oleh rendahnya kualitas pendidikan.

Pendidikan di Banten umumnya masih fokus pengembangan sekolah unggulan dan sekolan non-unggulan. Ketimpangan antara sekolah unggulan dan sekolah non-unggulan berdampak pada prioritas pembangunan dan kualitas sumber daya manusia yang ada didalamnya. Sekolah non-unggulan yang sebagian besar berlokasi di wilayah pedalaman di Banten kurang mendapat akses baik fasilitas maupun lainnya.

Minimnya sarana pendidikan menghambat kinerja guru dan kreativitas guru dalam membangun keharmonisan dikelas. Terhambatnya penerapan beberapa tema pembelajaran karena ketidaktersediaan sarana belajar. Pembelajaran pun relative terbatas seperti dalam kegiatan praktik maupun kegiatan yang memerlukan pembelajaran outdoor. Padahal guru sebagai pilar utama pendidikan. Sehingga siswa pun ikut kurang berkembang dan tidak mampu bersaing dengan siswa-siswa sekolah unggulan.

Dalam upaya membentengi diri dan mempersiapkan generasi – generasi tangguh Banten yang akan menjadi garda terdepan Bangsa, kami, Komunitas Lentera Surosowan melakukan upaya mengatasi masalah-masalah tersebut, yaitu dengan mengadakan kegiatan sosial edukasi yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dan pengembangan inovasi media dan pembelajaran kreatif bagi guru agar mampu membangun kegiatan belajar mengajar yang interaktif dan harmonis.
Rangkaian kegiatan meliputi sekolah binaan, kelas karya, kelas sains, kelas pemimpin, Beswan goes to school dan proyek sosial berupa pelatihan media pembelajaran bagi guru .
Salah satu harapan kami dari serangkaian acara ini adalah terbentuknya SDM dengan tingkat pendidikan yang lebih baik yang nantinya mereka akan kembali dan melanjutkan pembangunan Banten

TUJUAN
  1.  Memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya pendidikan
  2.  Memberikan pelatihan kepada guru tentang cara membuat media dan pembelajaran interaktif
  3. Memberikan motivasi kepada para siswa untuk giat belajar, berinovasi dan berkarya baik didalam kelas maupun diluar kelas
  4. Memberikan pengetahuan tentang praktikum dan praktik lapangan (outdoor) dengan peralatan sederhana yang mudah ditemui dilingkungan sekitar.
  5.  Membangun informasi beasiswa dan motivasi siswa untuk tidak takut kuliah
  6.  Meningkatkan kecintaan mahasiswa asal Banten kepada Almamater dan Banten.
  7. Building character sebagai upaya membangun mental calon pemimpin masa depan.
  8. Meningkatkan solidaritas pemuda Banten untuk berkontribusi kepada Banten dan Bangsa   
  9. Berkontribusi kepada masyarakat dalam upaya mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi berupa Pengabdian Masyarakat dengan meningkatkan sumber daya manusia melalui pendidikan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar